Tuesday, February 7, 2012

sifat n anomali air


Anomaly air

Definisi anomali air adalah sifat kekecualian air. Pada umumnya, suatu zat akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan, tetapi air mempunyai sifat khas. Jika air dipanaskan antara suhu nol derajat celcius, sampai empat derajat celcius, volumnya akan menyusut. Hal ini karena molekul H2O dalam bentuk padat (es) penuh dengan rongga, sedangkan dalam bentuk cair (air) lebih rapat. Dengan demikian, pada saat dipanaskan, molekul H2O (es) akan merapat lebih dahulu, akibatnya volumnya menyusut. Oleh karena itu, es juga terapung di air.
Siang hari yang sangat cerah dua orang adik kakak memutuskan untuk membuat minuman dingin. Ketika itu pula sang adik bertanya, kenapa es bisa mengambang padahal benda padat?
Awalnya sulit membayangkan bahwa es lebih ringan dari air. Tapi itulah jawabannya, itu juga yang kemudian menjadi sifat penting dari air. Anomali air.
Sifat air berbeda dengan zat lainnya. Sebagian besar zat memuai saat dipanaskan sehingga menurunkan berat jenis.
Berat jenis diartikan sebagai berat suatu zat pada satuan volume tertentu yang dipengaruhi oleh suhu. Tapi air tidak mengikuti pola normal seperti yang lain. Pada saat air dipanaskan dari 0?C ke 4?C, volumenya turun. Hal ini menjadikan air memiliki berat jenis paling besar saat suhu 4?C. Setelah 4?C air akan berperilaku seperti biasa seperti zat lainnya, memuai ketika dipanaskan. Artinya es memiliki berat jenis lebih ringan dari air pada suhu 4?C. Sifat ini dikenal sebagai anomali air.
Sifat ini pula yang mempertahankan kehidupan bawah air saat musim dingin, di negara-negara 4 musim. Misalkan suatu kolam pada saat musim dingin awalnya suhunya lebih dari 4?C namun karena cuaca lebih dingin maka suhu air akan turun. Hal ini terjadi karena adanya kesetimbangan termal (energi berpindah dari satu ke yang lainnya), dalam hal ini tentunya suhu air yang lebih tinggi berpindah ke suhu lingkungan yang lebih rendah sampai mencapai suhu yang sama. Saat air kolam mencapai suhu 4?C maka karena berat jenisnya menjadi lebih besar sehingga air di permukaan bergerak turun dan digantikan oleh air yang lebih hangat yang berasal dari tempat yang di bawahnya. Proses itu terjadi terus-menerus sampai akhirnya seluruh suhu air di kolam mencapai 4?C. Setelah suhu 4?C maka suhu air yang berada di permukaan akan terus turun menuju 0?C yang artinya air itu membeku, sementara air yang berada di bawah tidak bergerak naik lagi karena air pada 4?C memiliki berat jenis yang paling besar. Saat air di permukaan membeku, air di bawahnya tetap tidak membeku.
Dengan sifat itu orang bisa bermain ski di atas kolam, sementara kehidupan kolam seperti ikan dan tumbuhan air tetap seperti biasa. Bayangkan bila air memiliki sifat seperti zat lainnya dan terjadi pembekuan total, tentu saja akan memusnahkan ekosistem bawah air. Lapisan es di permukaan juga berfungsi sebagai isolator (penghambat aliran panas) maka aliran panas dari bawah air tidak akan bergerak ke luar ke udara dingin di atas permukaan lapisan es. Dengan adanya keanehan sifat air yang mengagumkan ini maka kehidupan di Bumi ini masih bisa berlangsung sampai hari ini.
Anomali air lainnya adalah volume air padat (beku) lebih besar daripada air cair. Coba saja kita isi suatu wadah dengan air sampai penuh kemudian masukkan ke dalam freezer. Setelah air membeku bisa kita lihat bahwa es pada permukaannya menyembul keluar yang membuktikan volumenya bertambah. Dan hal ini pula yang menyebabkan pipa pecah saat air di dalamnya membeku.
Sifat – Sifat Air
B. Sifat – Sifat Air
1. Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah
Air Mengalir dari tempat yang tinggi menuju permukaan rendah merupakan salah satu sifat dari air, Sedangkan untuk contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagi berikut, Tandon air dibuat lebih tinggi dari pipa air, Atap dibuat miring agar air dapat mengalir dari genting ke bawah, Saluran irigasi dibuat miring agar air dapat mengalir dengan lancar.
2. Air memberi tekanan
Air memberi tekanan maksudnya air akan memberikan tekanan kesegala arah apabila ada suatu lubang disetiap wadah airnya, Contohnya alat penyiram tanaman, air akan menekan kesegala arah melalui lubang air, Sedangkan tekanan yang diberikan oleh air bisa beragam tergantung dari letak lubangnya.
3. Kapilaritas
Kapilaritas adalah kemampuan zat cair untuk meresap melalui celah-celah kecil. Contohnya Kain yang dicelupkan sebagian pada bak yang diisi air, kain akan menyerap air karena kain memiliki celah-celah kecil, Kertas tisu yang digunakan untuk menyerap keringat dan air. Sedangkan contoh untuk bahan yang tidak dapat diserap air adalah plastik dan Alumunium foil kedua benda itu sangat kedap terhadap air sehingga proses kapilaritas tidak bisa berlaku.
4. Bentuk Permukaan air selalu tenang dan datar
Bentuk permukaan air selalu tenang dan datar contohnya jika kita menuangkan air kedalam ember maka kedudukan air akan datar, begitu pula jika ember di miringkan maka kedudukan air tetap datar.Water pas adalah contoh dari prinsip bahwa bentuk permukaan air selalu tenang dan datar.
5. Melarutkan Benda tertentu
Zat cair melarutkan benda tertentu contohnya garam, gula, dapat dilarutkan oleh air, sedangkan contoh zat yang tidak bisa larut dalam cair adalah tanah, pasir dan minyak. Fakor yang mempengaruhi suatupelarutan benda adalah suhu air yang tinggi akan lebih cepat melarutkan daripada suhu air yang rendah, Kecepatan mengaduk, mengaduk dengan cepat akan lebih cepat pula benda larut, Anomali air dimana pada suhu 4 derajat C volum air menyusut sampai terkecil namun bila suhu diturunkan kebawah 4 derajat C maka volumenya bertambah.


No comments:

Post a Comment